Lisning cara buat Mobil.AWT

                                                    Nama : Roswitha Maria Abuk
                                                    Nim    : 11110101
                                                    Kelas  : B





Lisning cara buat Mobil
package roswitha_mobil;

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
public class Roswitha_mobil extends Frame implements ActionListener{
    int x = 100;
    int y = 100;
public static void main(String[] args) {
    Frame frame = new Roswitha_mobil();
    frame.setSize(640, 480);
    frame.setVisible(true);
}
public Roswitha_mobil() {
setTitle("Roswitha_mobil");
// create menu
    MenuBar mb = new MenuBar();
    setMenuBar(mb);
    Menu menu = new Menu("File");
    mb.add(menu);
    MenuItem mi = new MenuItem("Exit");
    mi.addActionListener(this);
    menu.add(mi);
// end program when window is closed
    WindowListener l = new WindowAdapter()  {
    public void windowClosing(WindowEvent ev) {
    System.exit(0);
    }
    };
this.addWindowListener(l);
// mouse event handler
MouseListener mouseListener = new MouseAdapter() {
public void mouseClicked(MouseEvent ev) {
    x = ev.getX();
    y = ev.getY();
    repaint();
}
};
addMouseListener(mouseListener);
}

public void paint(Graphics g) {
g.setColor(Color.blue);
g.fillRect(550, 250, 550, 270); //g.drawRect(x, y, WIDTH, WIDTH)

g.setColor(Color.black);
g.drawRect(299, 320, 250, 200);
g.setColor(Color.green);
g.fillOval(349, 520, 100, 100);
g.setColor(Color.green);
g.fillOval(470, 520, 100, 100);
g.setColor(Color.green);
g.drawOval(349, 560, 200, WIDTH);

g.setColor(Color.green);
g.fillOval(930, 520, 100, 100);

g.setColor(Color.green);
g.fillOval(800, 520, 100, 100);

g.drawOval(800, 560, 200, WIDTH);

g.setColor(Color.red);
g.fillOval(520, 240, 30, 30);

g.setColor(Color.black);
g.fillRect(550, 244, 550, 120);

g.setColor(Color.ORANGE);
g.fillRect(380, 370, 100, 100);

}
public void actionPerformed(ActionEvent ev) {
String command = ev.getActionCommand();
if ("Exit".equals(command)) {
System.exit(0);
}
}
}

                                                                      Hasil Outputnya : 


Macam - macam media penyimpanan beserta fungsinya

                                                         Nama  : Roswitha Maria Abuk
                                                         Nim     : 11110101
                                                         Kelas   : B

Macam - macam media penyimpanan beserta fungsinya..?

Macam Macam Media Penyimpanan
A. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetic Storage Media)

1). Hard Disk

Hard disk (hard drive atau fixet disk) media ini bersifat non-volatile, artinya dapat menyimpan data meskipun tidak ada aliran listrik. Selain sebagai penyimpanan data, hard disk juga berfungsi sebagai boot device. Hard disk merupakan salah satu jenis piringan magnetic yang memiliki kapasitas yang besar. Hard disk memiliki piringan metal yang dapat dilapisi dengan bahan yang memungkinkan data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik. Kapasitas (kemampuan) Hard disk yang saat ini beredar dipasaran berkisar antara 20 GB sampai 40 GB.2). Floppy Disk Drive (Disket)

Floppy disk drive (disket) merupakan memory penyimpanan yang terdiri atau satu buah platter dan dilindungi oleh penutup berbentuk kotak tipis. Floppy disk drive (disket) digunakan untuk menyimpan data dari satu computer lain. Disket berisi sebuah piringan magnetic. Pembacaan dan penulisan data ke piringan magnetic dilakukan melalui head yang akan menempel kepermukaan piringan.

3). Zip Drive

Zip drive merupakan media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB.

4). Memory Card (Flash Memory Card)

Memory Card (Flash Memory Card) merupakan media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console.

5). USB Flash Disk (Flash Drive atau USB Keys)

USB Flash disk (Flash drive atau USB Keys) memiliki kapasitas data yang besar, tidak gampang rusak, serta berukuran kecil hingga mudah dibawah.

B. Media Penyimpanan Optikal (Optical Disk)

1). CD (Compact Disc atau Laser Optic Disc)

CD merupakan jenis piringan optic yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui laser. CD berbentuk lingkaran dengan diameter 120 mm serta memiliki libang ditengahnya yang berdiameter 15 mm. kapasitas penyimpanan CD dapat mencapai 870 Mb yang dapat menyimpan data hingga 99 menit.

Contohnya.

• CD-Rom (Compact Disk read only memory) adalah jenis piringan optic yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Kapasitas sebuah CD Rom yang berukuran 4,72 inch dapat menampung hingga 640 Mb atau kira-kira 300.000 halamat text.

• CD-R (CD Recordable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data seperti halnya disket, namun isinya tidak dapat diubah lagi.

• CD-RW (CD Writetable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data namun isinya dapat dihapus dan dapat diganti dengan data yang baru.

2). DVD (Digital Video Disc / Digital Versatile Disc)

DVD adalah merupakan pengembangan dari CD. DVD memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari pada CD biasa, yaitu sekitar 4,7 – 17 GB. Kemampuan DVD dapat dilihat dari jenisnya, yaitu :

• Single-side, single layer kapasitas 4,7 GB

• Double-side, single layer kapasitas 8,5 GB

• Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB

• Double-sided, double layer kapasitas 17 GB

C. Ciri-Ciri Penyimpanan Data

A. Media Penyimpanan Data Utama (Internal Storage)

Media penyimpanan utama termasuk kedalam jenis media penyimpanan elektronik dengan cirri-ciri sebagai berikut :

• Secara keseluruhan operasinya bersifat elektronik sehingga operasinya sangat cepat dan handal.

• Karena operasinya yang elektronik, data hampir bisa diakses sekaligus dari memori utama . dalam waktu kurang lebih seper juta detik suatu item data dapat dipanggil kembali.

• Kecepatan akses yang tinggi sehingga membantu cepatnya pemrosesan.

B. Media Penyimpanan Data Cadangan (External Storage)

Yang termasuk jenis media penyimpanan data cadangan adalah sebagai berikut :
1. Magnetik Disk (Disket Magnetis) atau lebih dikenal dengan Floppy disk memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
v Flashdisk merupakan media penyimpanan data yang menggunakan teknologi USB.
v Biasanya besar minimal penyimpanan datanya adalah 128 Mb.
v Floppy disk (disket) secara permanent disegel dalam selubung plastik protektif secara tipis dan bersifat keras.
v Data disimpan didalam track
v Umumnya berukuran 5 ¼ inch dan 3 ½ inch.
v Kapasitas penyimpanannya berkisar dari 1,2 Mb – 1,44 Mb
v Digunakan sebagai media penyimpanan data media yang akan diinput ke system pada komputer.

2. Optic Disk memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
v Menggunakan laser untuk menulis dan membaca data.
v Dapat digunakan untuk menyimpan data yang volumenya

Tugas Rangkaian Digital

       
        TUGAS RANGKAIAN DIGITAL
   
    NAMA    : ROSWITHA MARIA ABUK
    KELAS    : EKSTENSEN
    NIM    : 11110101

SOAL :
    Ubah nama mahasiswa sesuai ijazah,lalu konversikan ke biner

jawab :
    A = 65    F = 70    K = 75    P = 80    U = 85    Z = 90
    B = 66    G = 71    L = 76    Q = 81    V = 86
    C = 67    H = 72   M = 77    R = 82    W = 87
    D = 68    I = 73    N = 78    S = 83    X = 88
    E = 69    J = 74   O = 79    T = 84    Y = 89

   
    ROSWITHA MARIA ABUK
   
    R = 82, Binernya = 1010010
    O = 79, Binernya = 1001111
    S = 83, Binernya = 1010011
    w = 87, Binernya = 1010111
    I = 73, Binernya = 1001001
    T = 84, Binernya = 1010100
    H = 72, Binernya = 1001000
    A = 65, Binernya = 1000001

    M = 77, Binernya = 1001101
    A = 65, Binernya = 1000001
    R = 82, Binernya = 1010010
    I = 73, Binernya = 1001001
    A = 65, Binernya = 1000001
   
   
    A = 65, Binernya = 1000001
    B = 66, Binernya = 1000010
    U = 85, Binernya = 1010101
    K = 75, Binernya = 1001011

Tugas Grafika Komputer

                                                         Nama : Roswitha Maria abuk
                                                         Kelas : B
                                                         Tugas : Grafika Komputer

SOAL :
1.Ceritakan mengapa perlu belajar grafik
2. Berikan contoh grafik computer
3. Apa saja parameter untuk menentukan kualitas grafik.Berikan contoh
4. Grafik digunakan pada bidang apa saja,berikan contoh nya

JAWAB :
1. Grafik komputer merupakan salah satu ilmu yang dipelajari di teknik informatika dan ilmu komputer. Aplikasi grafik komputer ini sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu pemilihan software yang tepat akan sangat membantu menciptakan bentuk-bentuk objek dengan realisme nyata. Borland C++ Builder Prefessional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menyediakan tool-tool dan fungsi-fungsi untuk pembuatan aplikasi grafik.
2. 
Dunia Kedokteran
Dalam Dunia kedokteran, penggunaan aplikasi grafik komputer sudah menjadi suatu kewajiban. Karena selain mempermudah mendiagnosa penyakit juga untuk meminimalisir angka kematian disebabkan kurangnya tekhnologi komputer.
Sebagai contohnya penggunaan X-ray computed tomography atau bisa disebut Computer Tomography (CT Scan) sebuah metode penggambaran medis menggunakan tomografi di mana pemrosesan geometri digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar tiga dimensi bagian dalam sebuah objek dari satu seri besar gambar sinar-X dua dimensi diambil dalam satu putaran "axis".

Perancangan Objek
Contoh penggunaan aplikasi komputer dalam ruang lingkup ini sangat banyak sekali. Berkembangnya tekhnologi komputer berdampak pada lahirnya perangkat keras komputer yang semakin hari semakin canggih. Sehingga kita dapat dengan mudah mencari aplikasi untuk membuat objek 3D yang open source dan tentu juga harus di dukung perangkat komputer yang mumpuni.
Contoh aplikasi tersebut yaitu 3D MAX, Blender, AutoCad DLL. Selain untuk membuat objek, aplikasi tersebut dapat digunakan untuk para arsitektur maupun progammer game.

Pembuatan Film Kartun
Siapa yang tidak kenal dengan film kartun, film yang bertemakan anak2 – remaja yang bisa menjadi tontonan keluarga. Di ruang lingkup ini peran aplikasi sangat mempengaruhi kualitas film tersebut, semakin mahal biaya pembuatan film tersebut maka semakin baik pula kualitas filmnya sendiri.

Saya ambil contoh dari pembuatan film kartun Shaun The Sheep, film tersebut bertemakan pertenakan dan makai objek nyata sebagai karakter dalam filmnya. Ini tentu saja membutuhkan waktu dan ketelitian dalam membuat film tersebut. Sehingga penggunaan aplikasi grafik komputer memang sewajarnya merupakan jantung dari film tersebut.


Pemetaan
Kenal dengan Google maps? Ya itu dia salah satu contoh penggunaan aplikasi grafik komputer.

“Pemetaan adalah proses pengukuran, perhitungan dan penggambaran permukaan bumi (terminologi geodesi) dengan menggunakan cara dan atau metode tertentu sehingga didapatkan hasil berupa softcopy maupun hardcopy peta yang berbentuk vektor maupun raster.” @WikiPedia

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa dalam proses pemetaan dibutuhkannya suatu penggambaran, baik itu dalam vektor maupun raster. Sehingga pemetaan sudah seharusnya menggunakan aplikasi grafik komputer.

Presentasi Grafik
Di sekolah – sekolah, gedung perkantoran baik swasta maupun negeri sudah biasa penggunaan aplikasi grafik komputer dalam mengadakan presentasi.
Contoh aplikasi yaitu keluaran microsoft® maupun Prezi™, dua aplikasi ini sama – sama berfungsi sebagai aplikasi presentasi dalam bentuk grafik.



3.
 parameter itu suatu nilai atau kondisi yang dijadikan sebagai tolak ukur terhadap nilai atau kondisi yang lainnya. parameter ini dianggap sebagai nilai atau kondisi yang diharapkan.
resolusi , kontras resolusi, noise, distorsi, dan artefak (Sprawls, 1955).

4.
Bidang hiburan,misalkan pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.


CONTOH KARYA ANIMASI DALAM SEBUAH FILM
2.Bidang Pendidikan,grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.


CONTOH SEBUAH PRESENTASI
3.Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.


Gambar  GIMP—Aplikasi Image editing untuk digital art.
 4.Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
 

Gambar Video game menggunakan grafika komputer.Gambar ini adalah
permainan  sepakbola.
5.Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.


THIS IS FEATURED POST 1 TITLE

THIS IS FEATURED POST 1 TITLE

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

Quas molestias excepturi
THIS IS FEATURED POST 2 TITLE

THIS IS FEATURED POST 2 TITLE

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

Impedit quo minus id
THIS IS FEATURED POST 3 TITLE

THIS IS FEATURED POST 3 TITLE

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

Voluptates repudiandae kon
THIS IS FEATURED POST 4 TITLE

THIS IS FEATURED POST 4 TITLE

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

Mauris euismod rhoncus tortor